-->

TEORI BTS LOVE YOURSELF WONDER

Image result for bts love yourself wonder

Teori? astagaa ini gak tau teori mana yang bener yak, gw cuma share aja apa yang gw dapet dari beberapa sumber dan sesuai sama pikiran gw hehe ngomong2 udah lama banget gw gak share teori disini :v terakhir share teori WINGS ERA hahahaa
Teori bukan punya gw asli ya, gw cuma nambahin beberapa foto sama kalimat yang kurang aee :*

ps : pelan-pelan bacanya :v  awas mabok :v siapin kresek, tisu juga haha

Let's go!
.
Kata kunci: TIME TRAVEL
Video Euphoria diawali dgn potongan kejadian 'flashback' dari video2 BTS yg dulu. Pertanyaannya, apa itu semua benar2 flashback? Bisa jadi. Tapi bisa juga, itu adalah proyeksi gambaran masa depan yang sempat terjadi, karena mulai Highlight Reel (HR) sampai sekarang ini kemungkinan adalah dimensi lain, sebuah alternate universe/parallel universe dgn HYYH + WINGS yg terhubung oleh sebuah wormhole (lubang kecil/cacing)
.

Kita bahas Jin ya? Inget gak konsep vcr ini? Epic bgt kan
Judul vcr nya 'BTS Beyond wormhole' atau dalam arti indonesianya melewati lubang kecil (cacing) 
Ini lah dia kemampuan Jin, dimana dia mampu menjelajah waktu bahkan dimensi lain. Hanya dengan media cermin, dan jendela. Dia bisa melihat semua kejadian itu, maka dari itu dia berusaha merubahnya. 

Ini di video Highlight Reel
Ini di Euphoria
Selanjutnya ada scene yg sama kayak di I Need U setelah V bunuh ayahnya
MV I Need U
Euphoria
, tapi kali ini ada JHope di situ
Euphoria

PERLU DIINGAT BAHWA: pada MV I Need U, ga semua kejadian terjadi dalam satu hari. Kejadian JHope pingsan itu tanggal 25 Feb 2021, sedangkan kejadian pembunuhan itu 11 April 2022. Kenapa JH di situ? Ada 2 kemungkinan: 
(1) Dari HYYH Note part RM tgl 11 April itu bisa diasumsikan kalo di hari kejadian pembununan, ada JH juga di situ. Yg V telpon dan bilang "Hyung, aku pgn ketemu" itu telp RM, tapi RM telat dateng. Kemungkinan, JH duluan yg sampe dan jemput V.
(2) V nggak jadi bunuh siapa2. Mungkin JH yg mencegah kejadian itu. Itulah kenapa, selanjutnya V gajadi bunuh diri di laut, ya krn dia ga punya perasaan bersalah ttg apapun. Ingat, ini universe/dimensi yg berbeda dari HYYH. Kemungkinan kedua lebih masuk akal sih.



Lanjut. Ada scene tangannya V yg penuh darah yg artinya dia bunuh ayahnya wkt di I Need U.
Tapiiii langsung tergantikan oleh scene tangannya Jin yg lagi pegang kelopak bunga calla lily
Ini artinya di universe ini Jin berhasil mencegah kejadian itu.
Abis itu scene V tiduran kayak di Prologue,
 
Ini scene di prologue

gw nyerna nya gini nih, kan di prologue itu V bunuh ayahnya kan, makanya dia kyk ngerasa tertekan gitu juga, nah pas di Euphoria ini dia tiduran juga dan angkat tangannya yang diperban. Dia kyk bingung gitu "kenapa tanganku diperban?" karna disini Jin udah mutarbalik waktu, Mungkin dia gajadi bunuh ayahnya dan tapi perban ini kyk jadi tanda bahwa dia ini di dimensi lain pernah bunuh ayahnya. Tapi di situ dia keliatan bahagia, beda dgn di Prologue.

Dari cara pengambilan gambar scene ini, keliatan bhw Jin ini bukan lagi di dunia yg nyata. 


Semua serba hitam dan ada 1 jendela di mana dia bisa liat kejadian2 dari situ.
 Jadi, ini menggambarkan Jin yg udah melihat kejadian2 buruk di masa depan, dan dia lg berusaha kembali utk ngerubah keadaan.
lwt jendela Jin lihat kebakaran yg ada Suga di dalemnya
Ternyata Suga diselamatkan oleh JK.


Karena emang sebelumnya mungkin Jin ngeliat di I Need U kalo JKniup korek api nya SUga, Jin berpikir mungkin JK lah yang bisa nyelametin Suga


Habis itu, keliatan Jin sedikit senyum. Itu menggambarkan bhw kejadian itu juga sempet dicegah Jin walaupun hampir terlambat. Kejadian kebakaran ini masi berhubungan sama short film First Love dan HYYH Note bagiannya Suga. Di mana Suga tuh kayak berada di jalanan dan toko yg ada piano kebakar. Di First Love, terdengar ada siulan JK yg sama kayak di Begin. Sedangkan di HYYH Note, ga ada piano yg kebakar. Justru Suga bilang bahwa setelah dia masuk ke toko itu dia menemukan seseorang duduk di depan piano, yaitu JK. Ada analisis bahwa note ini berhubungan dgn First Love, dan First Love ini sebenernya hanya halusinasi/mimpinya Suga. Setelah liat scene di Euphoria ini, semua makin masuk akal. Kenapa di First Love yg penuh api tiba2 ada siulan JK, ya krn pada kenyataannya Suga lg terjebak di dalam kebakaran dan ternyata yg nyelamatin dia adalah JK.

Dan you know.. rumput yang dipegang JK buat nggelitikin Suga itu namanya rumput Foxtail, yang merupakan simbol kepoosan dan kemarahan anak kecil  
Ini udah ada di Prologue :')
Rumput aja teori :v
Abis itu ada scene di mana JM nyegah JH pergi, liat juga dua2nya sama2 pake baju rumah sakit ya. Kemungkinan ini JH pergi buat ke tempat V

Lanjut, ada scene RM dan Jin di pombensin. Scene ini mirip sama I Need U, dimana RM jatuhin rokok yang buat dia terbakar di pom bensin. Dia ngerasa kecewa sama org yg gak sopan sama dia dengan jatuhin duit sama sampah makanan pas udah diisiin bensin , ditambah lagi scene sebelumnya dia kyk lagi mikirin sesuatu/masalah gitu.

I Need U
 Tapi di Euphoria Jin dateng ke pom bensin , ngambil duit yang dijatuhin sama orang di I Need U. seolah disini Jin nyelametin RM biar dia gak ngerasa kecewa lagi

Next ada scene JK di luar ruangan merentangkan tangan, lagi2 ini sesuai dgn HYYH note yg dia tulis tgl 11 April 2022 (sama dgn kejadian pembunuhan oleh V), scene ini bergantian dengan scene V + JHope


Next ada scene noda darah yg mengering, ini kayak di backward gitu. Nunjukin kalo waktu lg diputerbalik
Lanjutnya scene yg mirip Spring Day, di mana ini cuman halusinasi Jimin kalo dia lg bareng member.





 Tapi sumpah yaa, scene mereka yang seneng2 itu kyk Jin yang buat :") jadi jin pengen lagi balik ke masa dimana mereka bahagia, gak ada masalah dan seneng2 layaknya remaja seusia mreka



.Disini banyak banget scene yang sama dari Prologue dan Euphoria
                                                                                   

Kalian pasti juga gak asing sama scene ini kan
iyaaa ini di INU :)
Ini di Euphoria
Terus yaa disini ada scene Jungkook lagi jalan sendirian, ini lagi2 ngingetin kita di I Need U
INU
Euphoria
 Tapi bedanyaa, disini mereka pake baju putih-putih :") gk tau kenapa gw nangis yak haha

Selanjutnya sama kayak di video Prologue, semua dlm versi yg lebih bahagia. Kalo di prologue itu si V yang naik ke atas dan Jin yang ngerekam dari bawah

Di Euphoria Jin yang naik ke atas sambil bawa handycam, bukan V.

V disini kayak ngerasa dejavu gituu makanya dia diem aja
member lain kyk nyuruh turun gitu
Disini Jin yang nyebur ke Laut, gw mikirnya Jin ini nyebur ke laut karena itu jalannya dia buat kembali ke dunianya
Daann V seketika kyk nge rewind gitu, nunjukin kalo Jin mutar balik waktu
 Karena V gajadi bunuh siapa2 jd dia gaperlu pgn bunuh diri. 


Jin di situ senyum, artinya dia seneng krn berhasil merubah sesuatu
.
.


💙 Lalu apa yg gagal dirubah sama Jin?
1. Peristiwa kecelakaannya Jungkook.
ada scene JK yg ketabrak. Disambung tulisan
"Hyung, masih adakah yg kamu sembunyikan dari kami?"
Ini scene JK yg ketabrak gak ada perubahan :')
Jin nggak bilang bahwa semua kejadian ini ulah dia yg lagi bolakbalikin waktu. Member lain gatau ttg dia yg ngerubah beberapa kejadian. Kemungkinan JK scene nya gak berubah yaitu Jungkook kecelakaan dan Jin gagal buat nyelametin si JK

2. Dia membuat Jimin sendirian,


Kenapa Jimin bisa dirumah sakit? di Mv I Need U digambarin kalo Jimin ini punya penyakit mental, dia sampe ngurung diri dan nenggelamin diri di bathup :') 
Jimin ini selalu sama Jhope pas dirumah sakit, karena sama2 punya penyakit mental :') Padahal, Jimin ini sangat bergantung sama Jhope. Kalian bisa liat di Mv I Need U, RUN, Prologue, bahkan Lie / VCR BTS, Jimin sama Jhope ini selalu bareng. 


 Dari HYYH Note, bisa diliat seberapa sayangnya Jimin ke Jhope

 Tapi disini Jimin sendirian, kenapa? karna Jhope ditempatin Jin buat datengin V biar gak jadi bunuh ayahnya,
 Di Euphoria ini, ada scene yg mirip Spring Day kan? Waktu di Spring Day, JK yg lari2. Dia kira dia sendiri ternyata sbnrnya rame2. Sedangkan di universe yg ini, bukan JK tapi JM yg lari2 dan dia merasa dia rame2 padahal kenyataannya dia sendirian di RS, jadi Jimin ini selalu berhalusinasi kyk di MV Lie juga, dia kyk mainan sama Jhope perang bantal disebelah ranjang dia, tapi ternyata gak ada orang disitu :')
Jimin berhalusinasi gaes :') kasian Jimin :'(

💙 Terus, apa hubungan semua ini dgn Highlight Reel (HR), HYYH, dan short film Wings? 
-Jadi gini, ada dua dunia. Sebut aja HYYH  (yg isinya kesedihan dan kekacauan) dan Love Yourself (versi lebih baik dari HYYH). 
-HYYH  kalo ga dicegah akan berujung pada Wings yg lebih dark lagi. Wings ini termasuk BST Japan yg ada adegan berantem V vs Jin.
 -Krn tau ending seburuk itu, Jin muter balik waktu. (Digambarkan dgn ending HR yg dia nyegah vas bunga jatuh, adegan rewind video2 lama, dan kata2nya bahwa kalaupun bisa memutar waktu, yg terjadi akan ttp sama)
-Jin muter balik waktu ke mana? Ke Love Yourself. Itulah sebabnya ada bbrp scene di Euphoria yg familiar, mirip Run, mirip Prologue, I Need U, bahkan Spring Day. Karena ini tuh ngulang ke sebelum dimulainya HYYH 

-kalian inget poster Jin di highlight reel? 
Ada dua poster JIN yang artinya,  
1. "Jika aku bisa memutar balik waktu,  aku ingin menjadi pria terbaik di dunia ini"
2. "Jika aku bisa memutar balik waktu,  aku i gin kembali ke pantai di musim panas itu" 
.
💙 Utk Love Yourself sendiri, Wonder ini sebelum Her. Karena dia alurnya lagi mundur. Lanjutan dari Boys Meets WHAT, yg kita semua udah tau. HYYH Note (salah satunya Seokjin's note yg dulu pernah heboh bareng Smeraldo) yg baru2 itu tahunnya 2022.
.
Sedangkan kita tau juga kalo Love Yourself  ini rentang waktunya sampai 2018. Make sense ya. Cerita masih akan jalan sesuai Highlight Reel (highlight: kumpulan dr kilasan kejadian yg penting2), sejalan dengan note para member di HYYH Notes juga, dan berakhir di tahun 2022.
.
Masih inget ttg "kishoutenketsu" kan ?
起 Ki (wonder)
承 Shou (her)
轉 Ten
结 Ketsu
berdasar itu kita msh punya 2 chapter lg nanti. Sekarang Wonder - 起 ini intronya. Klimaks ada di next chapter.
 


So? Apa yang kalian pikirin setelah baca? Cocok gak teorinya? 😂 udah puyeng berapa keliling?

©jintellectually
7BTS.update
raeah_kang
wowfakta.bts

-------
oh yaa ada yang mau BTS HYYH NOTE? Cek disini -> BTS HYYH NOTES
dan ini pikiranku yang gw tuangin disini ada dari beberapa sumber yang sepikiran sama gw (sumber dah gw tulis diatas tulisan ini), jadi kalo kalian punya pemikiran yang beda atau ada yang mau dituangin juga, silahkan di komentar hehe gak mabok kan kalian? LOL
saranghaeeeee ^^

Berlangganan update artikel terbaru via email:

25 Responses to "TEORI BTS LOVE YOURSELF WONDER"

  1. Yuhaaaaa.... 100% COCOK. Isi kepalaku kaya bisa dijelasin disini sm kamu wkwkwk. Dari berbagai sumber teori yg aku baca dri wings dulu, aku paling pas sm teori kamu. Skrg love yourself yg udh ditunggu tunggu juga sip ��.

    trus kejawab juga tumpukan baju di springday sm di HR, kalo itu kemungkinan besar jin emg time traveler ����


    Gileeee kamu bisa smpe merhatiin taun nya. Aku udh pusing duluaan taaauuu liat tahun itu, sok nyoba ngurutin ternyata nyerah udh pening dluan �� sangat konyol guee..

    Jempoll daah buat amuuu

    BalasHapus
  2. kak aku mau BTS HYYH Note nya dong

    BalasHapus
  3. kak aku mau BTS HYYH Note nya dong. soalnya biar ngerti juga. hehehe

    BalasHapus
  4. Aku gk puyeng... Aku ngerti bgt semuanya.. Thx bgt teorinya.. Bermanfaat bgt

    BalasHapus
  5. kak aku mau juga yabg HYYH note nya

    BalasHapus
  6. Aku juga mau note HYYH dong ka :)

    BalasHapus
  7. Ka mau BTS HYYH NOTE nya dong biar lebih ngerti ka

    BalasHapus
  8. Ka mau BTS HYYH NOTE nya dong biar lebih ngerti ka

    BalasHapus
  9. Dri semua teori ini yg menurut aku jelas.. Wah bener keren deh..

    Ah aku juga mau kak HYYH notes nya biar tambah ngerti sm jalan ceritanya kak.. Makasih^^

    BalasHapus
  10. Gue rasa yang jk ketabrak itu sebenernya ditabrak sama jin sendiri , karna coba rewind waktubjin highlight reel dia ngendarain mobil tapi tiba2 dia kaya nunduk kaya orang mau nabrak :'v

    I think that

    BalasHapus
  11. waaahhh... pikirannya lebih masuk akal sekarang gw, baru ngerti semuanya, kebanyak gw baca-baca tentang teori dan gw analisi ternyata yang ini yb lebih masuk akal.ditunggu yaa teori-teori selanjut nya ^^

    BalasHapus
  12. merinding..hebat mereka bikin konsep album dari pertama debut sampai sekarang..1 word "DAEBAK!!"

    BalasHapus
  13. Hai kak, mau nambahin aja nih sesuai pendapat gw alias hasil pemikiram otak kolot gw. Menurut gw, scene jimin yg duduk di rumah sakit dan lari larian sambil berhalusinasi itu bukannya dia ditinggalim atau gimana, tapi menurut gw si jimin lg nunggu jhope yg pergi buat nyelamatin V. Dan scene jk yg ketabrak itu menandakan bahwa jk belum sempet diselamatin sama jin (gak mungkin juga jin nyelamatin semua member diwaktu yg sama/berdekatan). Mungkin cerita jk akan berlanjut di klip selanjutnya, so we have to wait until the next clip keluar. Oh ya, untuk kata" di akhir klip (hyung, blablabla) itu dari V (menurut gw yaa), karena V sadar kalo si jin itu nyembunyiin sesuatu dari mereka (dalam hal ini jin yg bisa liat masa depan dan bisa buat perubahan buat mereka). Gitu aja sih pendapat gw.
    Dari awal kemunculan klip HR (gak tau kalian nyebutnya apa, sebut saja 'klip') gw udah sadar kalo si jin ini bisa liat masa depan dan atau berkunjung ke masa depan, dan juga bisa bikin perubahan. Dan gw baru kepikiran kenapa jin selalu berusaha buat ngrekam semua kejadian yg dia dan member alami. Itu karena jin pengen punya memori akan semua kenangan yg dia dan adek"nya punya apabila dia gak mampu buat merubah kehidupan adek"nya. Gitu aja sih menurut gw. Tengkyu kak

    BalasHapus
  14. Ini klip gampang banget ditebak sebenernya kalo kalian tau teori teori sebelumnya. Tapi tulisan diatas sangat membantu untuk menyalurkan pemikiran yg tak terucapkan.
    Jujur yaa, baru sekali ini gw baca teori hasil pemikiran armydeul. Dan ternyata hampir sama kaya pemikiram gw. Sebelumnya gw belum pernah baca teori bts mana pun, karena gw pusing sendiri pas baca jadi gw berusaha buat memahami sendiri dan membuat teori sendiri *bukan bermaksud sombong tapi apa daya otak gw yg gabisa diajak mikir keras

    BalasHapus
  15. Bikin puyeng ni theory maju mundur ae, tapi Menarik Juga sih Kalo dicerna baik - baik hehhe

    BalasHapus
  16. Ini teori yg gampang aku cerna dan masuk akal jugaaaaa niceuuuuu!!!

    BalasHapus
  17. menurut gua ini adalah kisah BTS. tagub 2022 adalah tahun berakhirnya BTS. jd keinget pesen Suga sama Army kalo mereka bakal nikah. nah, karena BTS udah gak ada kalian bisa ngeliat cerita2 BTS dr album mereka srlain musik yg didengarkan. saya pikir itu kisah pas BTS balik ke masa2 mereka masih bersama dimana contoh2 adegan member adalah kesulitan2 mereka. semua bakal kejawab setelah BTS menyelesaikan pekerjaan mereka alias kontrak mereka habis. disitu kita akan menemukan kalo konsep BTS dg kenangan2 BTS dr JIN sendiri akan menjadi logis. :') "apapun yg ada didunia ini tidak ada yg abadi termasuk masalah kita" - salah satu tokoh besar. Secara gak sadar BTS buat album ttg kenangan mereka utk para ARMY. selain musik yg dikenal luas mereka juga ingin dikenang. gua setahub lbh muda dr JK. dan 2022 itu JK udah usia 25 th. kalo diitung dr 2013 kontrak mereka 9/10 tahun dan emang idol korea rata2 memiliki kontrak selama itu. Siap2 nangis kejer army. :")))))(

    BalasHapus
  18. Sedih kalo misalnya BTS bisa ga ada lagi 😭😭

    BalasHapus
  19. Akhirnya ada teori yang passsss banget sama pendapatku dan masuk akal penejelasannya, Bagussss bangettt

    BalasHapus